Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Berita » Artikel » Keluarga Adalah Benteng Utama dalam Upaya Pencegahan dan Penyebaran Narkoba

Keluarga Adalah Benteng Utama dalam Upaya Pencegahan dan Penyebaran Narkoba

(252 Views) December 27, 2017 3:33 am | Published by | No comment

cegahnarkobaSeperti kita ketahui, penyebaran narkoba berbasis masyarakat dengan berbagai modus dan cara untuk mewujudkannya. Celah sekecil apapun akan dengan cepat bisa dimanfaatkan oleh golongan orang orang yang tidak bertanggung jawab menyebarkan narkoba tersebut. Generasi muda tetap menjadi prioritas utama dalam tujuan penyebarannya. Bila dipikir, sungguh sangat pelik dan rumit permasalahan ini seandainya tidak diambil sikap bijaksana dalam menghadapinya.

Masyarakat dengan lini terkecil keluarga menjadi prioritas awal dalam upaya membendung laju penyebaran narkoba ini. Sadarilah bahwa pola asuh dalam keluarga sangat mempengaruhi mental dan psikologis anak dalam mendukung penyebaran narkoba ini. Anak sebagai generasi muda seperti kita ketahui berada dalam tahap pencarian identitas diri dimana dalam proses tersebut memerlukan dukungan moral dan spiritual dalam menghadapinya. Kehadiran orang tua sebagai pengayom dan pelindung bagi anak mutlak sangat diperlukan.

Orang tua sebgai pilar kokoh dalam keluarga, hendaknya menjadi “problem solution” dalam memecahkan persoalan yang dihadapi anak dalam masa pencariannya tersebut. Orang tua juga bisa menjadi tempat aduan dari si anak. Dalam proses awal, pendidikan lingkungan keluarga lah yang menentukan sikap keterbukaan dari anak tersebut. Mengapa sikap keterbukaan dirasa sangat penting dalam memecahkan dan menghadapi permasalahn ini? Ya tentu saja sikap keterbukaan seorang anak terhadap orang tuanya inilah yang menjadi pintu bagi orang tua untuk bisa mengarahkan dan membina seorang anak. Sikap keterbukaan hendaknya selalu dipupuk dari awal sehingga apabila ada ndikasi awal penyimpangan perilaku, maka orang tua bisa mengetahuinya secara lebih dini.

Sekali lagi peran keluarga khususnya dalam hal ini orang tua sangat penting. Mencegah penyebaran narkoba dilingkungan keluarga tidak akan pernah terlepas dari peran dan pendidikan orang tua terhadap anaknya. Pengetahuan yang positif tentang bahaya pergaulan bebas yang berujung narkoba, dan informasi penyimpangan perilaku, serta keharmonisan keluarga menjadi kunci utama dalam mencegah anak mengkonsumsi narkoba. Ciptakan keharmonisan dalam keluarga anda mulai sekarang, Cegah Narkoba sebelum terlambat! SAY NO TO NARKOBA!!!

No comment for Keluarga Adalah Benteng Utama dalam Upaya Pencegahan dan Penyebaran Narkoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *