Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Berita » Diseminasi Informasi P4GN Melalui Placement Media Radio MQ FM Yogyakarta

Diseminasi Informasi P4GN Melalui Placement Media Radio MQ FM Yogyakarta

(183 Views) September 12, 2018 2:50 am | Published by | No comment

BNN Sleman – BNN Kabupaten Sleman melaksanakan  Diseminasi Informasi P4GN melalui penyiaran radio pada hari Rabu (12/09) pukul 13.00 – 14.00 WIB dan disiarkan secara langsung melalui radio MQ FM Yogyakarta. Irindra Septy W., S.I.Kom dan Sugani Jiyantoro, S.I.Kom sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan penyalahguna Narkoba tidak pernah memandang usia baik muda ataupun tua, terutama di usia produktif. Salah satu hal mendasar yang menjadi upaya dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba bagi anak-anak perhatian orang tua. Keteladanan dan komunikasi yang baik antara orang tua dengan anak bisa menjadi langkah awal dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba. Banyak anak yang terjerumus ke dalam penyalahgunaan narkoba karena ketidakharmonisan dalam rumah tangga. Orang tua sibuk dengan kegiatannya masing – masing sehingga berdampak pada psikologis anak karena kurang mendapatkan kasih sayang dan perhatian. Anak merasa jenuh dan sepi dalam keluarga sehingga memungkinkan mereka lari ke dunia narkoba. Oleh karena itu sesibuk apapun orang tua diharapkan meluangkan waktu untuk memberikan perhatian dan kasih sayang untuk anaknya.

Orangtua juga harus peka terhadap perubahan perilaku anaknya. Sebagai contoh, anak yang sebelumnya  supel dan santun, tiba-tiba berubah 180 derajat menjadi pendiam, pemarah, emosional dan agresif, maka orang tua harus wapada, karena hal tersebut merupakan salah satu ciri dari penyalahguna narkoba. Selain itu apabila anaknya sudah terlanjur menyalahgunakan narkoba, orangtua diharapkan untuk membujuk sertamembawa ke tempat rehabilitasi, baik di Lembaga Rehabilitasi Instansi Pemerintah maupun ke Lembaga Rehabilitasi Komponen Masyarakat. Jangan sampai orang tua malah menutupi keadaan ini, karena salah satu cara yang efektif untuk memulihkan anak dari kecanduan narkoba adalah dengan dilakukan rehabilitasi medis maupun sosial. Setelah pulih dari kecanduan narkoba maka keluarga dan lingkungan masyarakat harus menerima dan memberikan support kepada anak tersebut, jangan sampai malah mengucilkannya karena bisa menyebabkan anak menjadi relaps atau kambuh kembali. Selain itu sebisa mungkin menjauhkan dari kominitas dan teman lamanya yang terindikasi dan menyebabkan anak kembali ke dunia penyalahgunaan narkoba.

Selain menjaga keharmonisan dalam rumah tangga, untuk mencegah anak dari penyalahgunaan narkoba bisa dilakukan hal -hal berikut. Pertama anak setiap hari harus ada kegiatan positif. Kedua hindari merokok dan minuman beralkohol karena merupakan pintu gerbang untuk menyalahgunakan narkotika. Ketiga hindari tempat- tempat yang berpotensi untuk menyalahgunakan narkoba. Keempat pilihlah teman yang baik, karena faktor lingkungan berdampak sangat kuat dalam penyalahgunakan narkoba. Kelima anak harus berani menolak menyalahgunakan narkoba. Keenam meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa.

 

No comment for Diseminasi Informasi P4GN Melalui Placement Media Radio MQ FM Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *