Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Berita » Jiwa Kepemimpinan ? Sehat Tanpa Narkoba!

Jiwa Kepemimpinan ? Sehat Tanpa Narkoba!

(110 Views) October 18, 2018 2:34 am | Published by | No comment

BNN Sleman- “Berikan aku seribu orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku sepuluh pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”. Itulah salah satu kalimat yang pernah  disampaikan Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno. Makna yang dalam terkandung dalam kalimat tersebut, dan tujuannya adalah membuktikan bahwa Indonesia adalah negara yang kuat dan hebat dengan segala sumber daya yang ada didalamnya. Jika kalimat tersebut kita sandingkan dengan keadaan generasi muda sekarang, tentu dibutuhkan semangat, kemauan, keterampilan serta yang tidak kalah penting adalah kedisiplinan dari pemuda Indonesia sendiri.

Hal diatas menjadi pendorong diadakannya sosialisasi P4GN dengan tema “Pemuda Harapan Bangsa, Sehat Tanpa Narkoba” yang diadakan oleh SMK YPKK 2 Sleman pada Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 18 Oktober 2018 dan diikuti oleh 67 siswa kelas X dan XI SMK 2 YPKK Sleman.  Salah satu alasan dimaksukkannya materi tentang Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Perdaran Gelap Narkoba (P4GN) dalam kegiatan ini karena untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di lingkungan pendidikan, selain itu karena fakta di lapangan yang membuktikan bahwa luasnya wilayah perairan di Indonesia dimanfaatkan oleh bandar narkoba untuk menjalankan bisnisnya dengan modus operasi yang bervariasi, oleh karena itu dibutuhkan kewaspadaan dan kepedulian dari masyarakat khususnya generasi muda untuk bersama-sama mencegah penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di lingkungan sekitar.

Dalam paparannya AKBP Siti Alfiah, S.Psi, SH, MH selaku kepala BNN Kabupaten Sleman mengenalkan beberapa jenis zat adiktif dan narkotika yang banyak tersebar di kalangan masyarakat. Selain itu, dijelaskan juga tentang perubahan fisik dan psikologis terhadap penyalah guna narkoba Dina Tiyana selaku Ketua 2 OSIS SMK YPKK 2 Sleman mengatakan bahwa dengan adanya sosialisasi ini, ia menjadi lebih paham tentang manfaat  narkotika dan bahaya penyalahgunaannya, ia juga mengajak teman-temannya untuk menghindari penyalahgunaan narkoba. Diharapkan setalah mengikuti kegiatan ini, teman-teman yang lain juga ikut terlibat dan peduli dalam melakukan pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Di akhir paparannya,  AKBP Siti Alfiah, S.Psi, SH, MH mengajak peserta untuk aktif melakukan sosialisasi P4GN di lingkungan masing-masing, karena kegiatan sekecil apapun peranannya tetap dapat membantu menurunkan angka prevalensi penyalahgunaan narkoba. Beliau juga menghimbau jika melihat adanya peredaran atau penggunaan narkoba segera melaporkan kepada pihak berwenang.

No comment for Jiwa Kepemimpinan ? Sehat Tanpa Narkoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *