Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Berita » Kontribusi PIK-M Lingkar Seroja UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam Program P4GN

Kontribusi PIK-M Lingkar Seroja UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam Program P4GN

(186 Views) October 27, 2018 5:01 am | Published by | No comment

BNN Sleman — Istilah bonus demografi mungkin masih asing di telinga kalangan masyarakat umum. Bonus Demografi merupakan kondisi dimana suatu wilayah atau negara memiliki jumlah penduduk usia produktif (usia 15-64 tahun) lebih banyak dibandingkan dengan usia non-produktif (usia 65 tahun ke atas). Salah satu upaya proteksi dini untuk menjaga bonus demografi generasi muda agar tetap tangguh dan bebas dari penyalahgunaan narkoba maka perlu adanya pemberdayaan peran elemen perguruan tinggi.

Sebagai bentuk nyata upaya tersebut, Universitas Islam Negeri  Sunan Kalijaga bekerjasama dengan BNN Kabupaten Sleman dalam upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). AKBP Siti Alfiah, S.Psi, S.H, M.H selaku Kepala BNN Kabupaten Sleman menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan “Diklat Anggota Baru Sebagai Pendidik Sebaya (Peer Educator). Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka penerimaan anggota baru Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa (PIK-M) Lingkar Seroja UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada Sabtu (27/10).

Kepala BNN Kabupaten Sleman memberikan tambahan pengetahuan seputar bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba kepada anggota baru PIK-M Lingkar Seroja UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, khususnya kepada konselor sebaya. Diharapkan para konselor sebaya bisa memberikan pemahaman maupun solusi bagi mahasiswa lain yang mempunyai permasalahan seputar narkoba.

Dalam kesempatan ini, AKBP Siti Alfiah, S.Psi, S.H, M.H menjelaskan tentang permasalahan penyalahgunaan dan perdaran gelap narkoba oleh pelajar dan mahasiswa di DIY. Selain itu, juga dijelaskan mengenai jenis-jenis narkoba yang banyak beredar di masyarakat serta proses hukum yang harus dilalui oleh penyalahguna maupun pengedar yang tertangkap menurut UU 35 tahun 2009.

Untuk mengoptimalkan program P4GN, maka dibutuhkan kerjasama yang baik antara BNN dengan institusi pendidikan, dalam hal ini adalah BNN Kabupaten Sleman dengan PIK-M Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Setelah mendapat materi ini, Kepala BNN Kabupaten Sleman berharap PIK-M Lingkar Seroja Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga dalam hal ini Pendidik Sebaya dapat memberikan kontribusi dalam rangka mensosialisasikan P4GN kepada mahasiswa lain.

No comment for Kontribusi PIK-M Lingkar Seroja UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam Program P4GN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *