Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Berita » Peran Media Online dalam Sosialisasi P4GN

Peran Media Online dalam Sosialisasi P4GN

(102 Views) December 6, 2018 5:47 am | Published by | No comment

BNN Sleman – Kampanye Anti Narkoba bisa dilakukan melalui berbagai macam metode, salah satunya melalui media online. Pesatnya perkembangan media online diharapkan dapat dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba di masyarakat. Penggunaan media online menjadi salah satu langkah yang tepat dalam melakukan kampanye bahaya penyalahgunaan narkoba di zaman sekarang ini karena sebagian besar masyarakat telah mengakses internet.

Upaya sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) tidak bisa hanya dilaksanakan oleh BNN, karena harus dilakukan secara terintregasi dan berkesinambungan, serta membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak. Media online sebagai salah satu sarana KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) berperan dalam penyebaran berita/informasi yang dapat menjangkau seluruh masyarakat.

Dalam upaya optimalisasi peran media tersebut, BNN melakukan konvergensi media dalam sosialisasi P4GN. Konvergensi media adalah penggabungan atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam satu titik tujuan, dalam hal ini adalah mewujudkan Indonesia Bebas Narkoba. Oleh karena itu, BNN perlu melakukan kerjasama dengan berbagai media, baik elektronik maupun non elektronik sehingga memudahkan dalam sosialisasi P4GN.

BNN Kabupaten Sleman menggandeng Kumpulan Emak Blogger dan Komunitas Blogger Jogja mengadakan Forum Komunikasi Anti Narkoba Berbasis Media Online Bagi Netizen dalam Rangka Diseminasi Informasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba, Rabu (05/12). Sebanyak 30 peserta hadir dalam acara ini yang terdiri dari anggota Emak Blogger dan Komunitas Blogger Jogja serta menghadirkan dua narasumber.

AKBP Siti Alfiah, S.Psi, S.H, MH (Kepala BNN Kabupaten Sleman) dan Iqbal Aji Daryono (Penulis di detik.com, Mojok, Kumparan dan Geotimes) menjadi narasumber dalam acara ini. Dimulai dari pemaparan mengenai kondisi terkini permasalahan narkoba di wilayah Indonesia, DIY dan Kabupaten Sleman oleh Kepala BNN Kabupaten Sleman. Disampaikan pula mengenai  jenis-jenis narkoba, dampak penyalahgunaan narkoba hingga bagaimana pola peredaran narkoba.

Iqbal Aji Daryono dalam paparannya menyampaikan bahwa peredaran dan penyalahgunaan narkoba dapat dikurangi dengan memanfaatkan media online dalam melakukan kampanye bahaya penyalahgunaan narkoba. Dalam menulis di media online perlu berbagai macam teknik sehingga tulisan yang dihasilkan menarik dan efektif. Selain untuk menarik minat pembaca, tulisan yang menarik dan efektif dapat memudahkan penyampaian informasi kepada para pembaca khususnya mengenai sosialisasi P4GN.

 

No comment for Peran Media Online dalam Sosialisasi P4GN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *