Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Berita » Sinergi antara Keluarga, Pemerintah, dan Penggiat Anti Narkoba

Sinergi antara Keluarga, Pemerintah, dan Penggiat Anti Narkoba

(172 Views) October 18, 2018 3:58 am | Published by | No comment

BNN Sleman – Narkoba ? Satu kata yang sudah tidak asing terdengar di kalangan masyarakat luas. Narkoba menjadi salah satu  barang yang harus dihindari penyalahgunaannya dan dihentikan peredarannya karena dapat merusak bangsa. Salah satu cara untuk merealisasikannya, maka dibutuhkan peranan penggiat anti narkoba, dan untuk menambah  pemahaman serta motivasi dalam mensosialisasikan bahaya penyalahgunaan narkoba maka BNN Kabupaten Sleman mengadakan kegiatan bimbingan teknis bagi para penggiat anti narkoba.

Kegiatan yang dilaksanakan di The Atrium Hotel pada tanggal 17-18 Oktober 2018 tersebut diikuti oleh 20 peserta dari 9 kelompok masyarakat di Kabupaten Sleman. Pada 17 Oktober 2018, beberapa narasumber yang dihadirkan antara lain AKBP Siti Alfiah S.Psi, SH, MH (Kepala BNN Kabupaten Sleman), Dr. Muhammad Sulhan (Universitas Gadjah Mada), Erik Hadi Saputra, S.Kom (Universitas AMIKOM), dan Eko Prasetyo (Jogja Care House). Meningkatnya kepadatan penduduk di kabupaten Sleman memberi dampak semakin meningkat pula peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Oleh sebab itu, perlu adanya pemanfaatan media komunikasi dalam menyebarluaskan program P4GN ini. Penyebarluasan program P4GN ini membutuhkan peran dari para penggiat anti narkoba dengan menggunakan teknik komunikasi secara persuasif, hal ini dilakukan agar lebih banyak masyarakat yang mau berpartisipasi dalam penyebarluasan program P4GN ini dan akhirnya bisa mengajak para pecandu atau penyalahguna narkoba untuk di rehabilitasi.

Pada hari kedua, narasumber yang hadir adalah Shinta, M.Si, MA, Sri Murni Rahayu, SH, MM (Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sleman), Gatot Sugiharto, SH, MH (Universitas Ahmad Dahlan), Anton Sanjaya (Penggiat Anti Narkoba). Fokus pembahasannya terkait dengan peran keluarga dan pemerintah dalam program P4GN. Keluarga mempunyai peran yang paling penting dalam proses pencegahan narkoba, karena pembentukan karakter anak dimulai dari dalam keluarga. Tidak hanya keluarga yang berperan dalam program P4GN ini, peran pemerintah juga sangat dibutuhkan. Dalam proses pencapian tujuan P4GN, perlu adanya rencana aksi, agar materi yang telah didapatkan dapat diaplikasikan atau di sosialisasikan kepada masyarakat. Dalam kegiatan ini, diadakan pula pemberian motivasi kepada para penggiat anti narkoba agar lebih bersemangat dalam melaksanakan tugasnya yang mulia.

No comment for Sinergi antara Keluarga, Pemerintah, dan Penggiat Anti Narkoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *