Berita KegiatanPencegahan dan Pemberdayaan MasyarakatBerita Utama

Dialog Interaktif Pembentukan Remaja Teman Sebaya Anti Narkotika

Dibaca: 1 Oleh 07 Sep 2021September 9th, 2021Tidak ada komentar
Dialog Interaktif Pembentukan Remaja Teman Sebaya Anti Narkotika
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

BNN Sleman – Remaja maupun pelajar memiliki potensi penyalahgunaan narkoba yang cukup tinggi. Apalagi didukung  dengan lingkungan masyarakat yang majemuk dengan beragam latar belakang. Pemilihan teman dalam bergaul juga dapat  mempengaruhi prilaku remaja dalam kehidupan sehari-harinya. Peran keluarga, khususnya orang tua mau tidak mau harus memberikan pendidikan moral yang baik sejak dini, selain itu juga harus menjadi teladan bagi anggota keluarga yang lain sehingga pada saat memasuki usia remaja, mereka akan terbiasa dengan sesuatu yang baik, bermanfaat, serta tidak melakukan tindakan yang bersifat kriminal, khususnya terkait dengan penyalahgunaan narkoba.

Dialog Interaktif Pembentukan Remaja Teman Sebaya Anti Narkotika

Dialog Interaktif Pembentukan Remaja Teman Sebaya Anti Narkotika

Melihat kondisi tersebut, BNN Kabupaten Sleman merasa perlu membentuk remaja yang tangguh yang bisa menjadi influencer dan memberikan pengaruh positif kepada remaja yang lain agar semakin banyak remaja di suatu lingkungan yang bisa mengendalikan diri dari pengaruh penyalahgunaan narkoba. Bertempat di Artotel, Jln Kaliurang Km 5,6 Caturtunggal, Depok,  BNN Kabupaten Sleman memulai Program Nasional BNN yaitu Dialog Interaktif Remaja, Pembentukan Remaja Teman Sebaya Anti Narkoba (06/09). Kegiatan ini akan berlangsung sebanyak 10 kali pertemuan dengan melibatkan 10 orang peserta yang berusia 16 tahun. Peserta yang terpilih tersebut dalam kegiatan ini berasal Desa/ Kalurahan Bersinar yang sudah dicanangkan oleh BNN yaitu Kalurahan Condongcatur. Dalam 10 kali pertemuan tersebut BNN akan menghadirkan narasumber yang berkompeten pada bidangnya dan mampu memberikan materi guna membekali para peserta agar lebih tangguh serta berani dalam memberikan edukasi atau informasi mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba kepada teman sebayanya.
Pada pertemuan perdana ini dihadirkan dua pemateri yaitu Eko Prasetyo dari Jogja Care House dengan materi Adiksi Dasar, dilanjutkan oleh Bunda Shinta dari Cinta Psikologi Center yang menyampaikan materi tentang pendidikan anti narkoba bagi remaja, faktor resiko dan protektif.

Di hari kedua penyelenggaraan kegiatan ini, BNN Kabupaten Sleman menghadirkan dua narasumber yang berbeda. Yang pertama adalah Gatot Sugiharto, S.H., M.H dari Universitas Ahmad Dahlan dengan materi Perspektif Hukum tentang Narkotika dan Kewajiban Remaja dalam negara hukum. yang kedua Hendri Harjanto dari Tentrem Hipnoterapi dengan materi Assertivenes Remaja (mampu berkomunikasi secara langsung, terbuka dan jujur).

Kegiatan berlangsung dengan sangat aktif karena adanya interaksi antara peserta dan narasumber yang memberikan materi pada pertemuan hari ini.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel