Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Berita » Keluarga, Tameng Utama Mencegah Penyalahgunaan Narkoba

Keluarga, Tameng Utama Mencegah Penyalahgunaan Narkoba

(41 Views) November 27, 2018 8:39 am | Published by | No comment

BNN Sleman – Narkoba tidak hanya menyasar orang dewasa, anak-anakpun tidak lepas dari sasaran bandar narkoba. Beberapa motif yang berhasil diungkap membuktikan bahwa anak-anak juga menjadi sasaran dalam peredaran narkoba. Untuk mencegah dan mengantisipasi hal tersebut, BNN Kabupaten Sleman melakukan sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan Pemberantasan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) kepada guru TK dan PAUD Gugus Godean (27/11).

Dalam penjelasannya, Sugani Jiyantoro S.I.Kom selaku Penyuluh BNN Kabupaten Sleman menyampaikan materi tentang pencegahan narkoba melalui pendekatan keluarga dan pendidikan. Keluarga mempunyai tanggung jawab yang besar dalam membentuk karakter anak, salah satu manfaat dari terbentuknya karakter anak yang baik adalah tidak melakukan penyalahgunaan narkoba. Orang tua harus memberikan perhatian dan kasih sayang yang cukup kepada anak, sehingga anak anak akan merasa nyaman dan dekat dengan keluarga. Telah banyak kejadian yang membuktikan akibat kurangnya perhatian dan ketidak harmonisan orang tua menjadikan anak terjerumus dalam lingkungan dan pergaulan  yang negatif, salah satunya menjadi penyalahguna narkoba. 

Jika kita kaitkan dengan dunia pendidikan, maka peranan guru PAUD dan TK dalam pembentukan karakter anak didiknya sangat dibutuhkan, diantaranya dengan melakukan permainan dan aktivitas yang edukatif. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, guru PAUD dan TK dapat melakukan edukasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba kepada murid-muridnya dengan menggunakan metode dan komunikasi yang sesuai dengan usia anak didiknya.

No comment for Keluarga, Tameng Utama Mencegah Penyalahgunaan Narkoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *