Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Berita » SOSIALISASI P4GN BAGI PERANGKAT DESA DI KECAMATAN MLATI

SOSIALISASI P4GN BAGI PERANGKAT DESA DI KECAMATAN MLATI

(38882 Views) August 28, 2018 10:33 am | Published by | No comment

BNN Sleman-Permasalahan narkoba sering sekali muncul di tengah-tengah masyarakat, dengan wilayah peredaran tanpa batas baik di kota besar maupun pelosok daerah, ditambah lagi yang menjadi sasaran ada dari berbagai kalangan baik orang dewasa hingga anak-anak.

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman bersinergi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sleman  menggelar sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dengan 65 peserta terdiri dari Perangkat Desa di wilayah Kecamatan Mlati, pada Selasa (28/08/2018) bertempat di Gedung Serbaguna Kecamatan Mlati.

Mengawali acara tersebut, Camat Mlati Drs. Suyudi, MM memberikan sambutan dan mengajak kepada seluruh masyarakat khusunya perangkat desa yang mengikuti acara tersebut agar ikut berperan aktif dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba, khususnya di wilayah Kecamatan Mlati. Beberapa upaya yang bisa dilakukan diantaranya dengan memberikan informasi tentang bahaya narkoba mulai dari lingkungan keluarga, dan masyarakat sekitar serta mengadakan sosialisasi secara mandiri maupun melibatkan organisasi masyarakat setempat.

Sugani Jiyantoro, S.I.Kom, selaku penyuluh dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sleman memaparkan tentang peran serta masyarakat dalam P4GN tercermin dalam Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika mulai dari pasal 104 s/d 108, di dalamnya terdapat hak dan tanggungjawab masyarakat dalam P4GN, diantaranya masyarakat dapat mencari, memperoleh, dan memberikan informasi adanya dugaan telah terjadi tindak pidana Narkotika dan Prekursor Narkotika kepada pihak yang berwenang, termasuk masyarakat dapat membantu keluarga korban penyalahguna atau pecandu narkoba agar mau di rehabilitasi ke Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) maupun lembaga rehabilitasi khususnya yang berada  di wilayah Kabupten Sleman. Selain itu juga dijelaskan tentang jenis jenis narkoba yang beredar di Indonesia dan modus peredarannya.

No comment for SOSIALISASI P4GN BAGI PERANGKAT DESA DI KECAMATAN MLATI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *